skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Kenali Efek Penyakit Pneumonia

Kenali Efek Penyakit Pneumonia

Penyakit paru-paru basah merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan peradangan pada organ paru-paru. Penyebab paling umum adalah adanya kontaminasi virus, bakteri, dan jamur.

Namun penyakit ini juga bisa terjangkit penyakit ini karena terlalu sering menghirup udara yang tercampur dengan bahan-bahan kimia. Biasanya usia rentan terjangkit penyakit ini adalah usia di bawah 2 tahun dan usia di atas 65 tahun.

Penyakit ini muncul ketika saluran pernafasan terlalu sering terinfeksi. Proses peradangan akan mengakibatkan jaringan paru-paru yang berbentuk aveoli atau kantung udara dipenuhi oleh cairan yang berbentuk nanah sehingga mengganggu peranan paru-paru sebagai tempat pertukaran oksigen. Dan hal ini akan menyebabkan adanya gangguan terhadap sistem metabolisme tubuh.

Pneumonia yang didapat diluar institusi kesehatan paling sering disebabkan oleh Streptococcus pneumoniae.

Pneumonia yang didapat di rumah sakit cenderung bersifat lebih serius karena pada saat menjalani perawatan di rumah sakit, sistem pertahanan tubuh penderita untuk melawan infeksi seringkali terganggu. Selain itu, kemungkinan terjadinya infeksi oleh bakteri yang resisten terhadap antibiotic adalah lebih besar.

Gejala

Gejala-gejala yang biasa ditemukan dari efek penyakit Pneumonia adalah:

– Batuk berdahak (dahaknya seperti lendir,kehijauan atau seperti nanah)

– Nyeri dada (bias tajam atau tumpul dan bertambah hebat jika penderita menarik nafas dalam atau terbatuk)

– Sesak nafas

– Sakit kepala

– Nafsu makan berkurang

– Mual dan muntah

– Menggigil

– Demam

– Mudah merasa lelah

– Merasa tidak enak badan

– Kekakuan sendi

– Kekakuan otot

Gejala lainnya yang mungkin ditemukan :

– Kulit lembab

– Batuk darah

– Pernafasan yang cepat

– Cemas, stress, tegang

– Nyeri perut

Penyebab pneumonia

Seperti disebutkan sebelumnya, pneumonia adalah infeksi paru-paru yang disebabkan oleh racun-racun lingkungan, bakteri, virus atau jamur. Beberapa patogen muncul di lingkungan kita. Streptococcus pneumoniae adalah salah satu bakteri seperti yang dapat ditemukan di bagian belakang hidung, mungkin membuat jalan ke dalam paru-paru dan menyebabkan pneumonia.

Jika sistem kekebalan tubuh seseorang melemah akibat penyakit lain, kemampuan untuk melawan infeksi tersebut sangat berdampak. Tinggal dekat dengan orang yang terinfeksi mungkin membuat rentan juga.

Berbagi pakaian dari orang yang terinfeksi juga akan menempatkan pada peningkatan risiko mengalami kondisi ini. Hal ini lebih mungkin terjadi pada kasus orang dengan sistem kekebalan yang lemah. Influenza A dan B, respiratory syncytial virus, herpes simpleks, varicella zoster virus, adenovirus atau virus parainfluenza adalah beberapa virus yang dapat menyebabkan pneumonia.

Beberapa orang yang rentan (mudah terkena) Pneumonia adalah :

– Peminum alkohol

– Penderita gagal jantung

– Penderita penyakit paru obstruktif menahun

– Gangguan sistem kekebalan karena obat tertentu (penderita kanker, penerima organ cangkokan)

– Perokok

– Penderita diabetes

– Gangguan sistem kekebalan karena penyakit (penderita AIDS)

Pneumonia juga biasa terjadi setelah pembedahan (terutama pembedahan perut) atau cedera (terutama cedera dada), sebagai akibat dari dangkalnya pernafasan, gangguan terhadap kemampuan batuk dan lendir yang tertahan.

Yang sering menjadi penyebabnya adalah Staphylococcus aureus, Pneumococcus, Hemophilus influenzae atau kombinasi ketiganya.

Pneumonia pada orang dewasa paling sering disebabkan oleh bakteri, yang tersering yaitu bakteri Streptococcus pneumoniae (pneumococcus).

Diagnosis radang paru-paru (Pneumonia)

Diagnosa Pneumonia akan jauh lebih jelas dengan dilakukan pemeriksaan penunjang pada Dokter Anak. Berikut bebarapa hasil diagnosa bahwa anak ibu mengalami Pneumonia:

– Hasil tes darah menunjukkan peningkatan sel darah putih dengan dominasi Netrofil untuk Pneumonia yang disebabkan infeksi bakteri. Bila peningkatan sel darah putih dengan dominasi Limfosit, sangat mungkin Pneumonia karena virus.

– Terdengar nafas yang kasar, dan apabila diperiksa dengan Stetoskop akan terdengar suara yang lemah.

– Hasil Rontgen dada menunjukkan ada bagian yang berwarna putih-putih di bagian kiri atau kanan paru.

– Terdeteksi ada bakteri atau jamur pada pengujian sampel dahak (sputum). Sayangnya pengujian ini sulit sekali dilakukan pada anak.

 

Apa Itu Pulmohealer?

Pulmohealer adalah produk dari PT. Autoimuncare Indonesia ( PT. AICI ) yang khusus mengatasi berbagai penyakit paru-paru. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama 15 tahun membuat Pulmohealer banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

Pulmohealer bereaksi cepat, dijamin aman, dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya bagi Tubuh Anda.