skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Pengertian Sakit Pneumonia Dan Gajalanya !

Pengertian Sakit Pneumonia dan Gajalanya !

Pneumonia merupakan salah satu penyakit infeksi yang sering ditemui pada paru yang disebabkan oleh mikro-organisme (bakteri, virus, jamur, atau parasit). Peradangan paru yang disebabkan oleh non-mikroorganisme (bahan kimia, radiasi, toksin, obat-obatan) disebut pneumonitis.

Peradangan ini terjadi pada bagian paru yang khusus berfungsi sebagai pertukaran udara sehingga penderita pneumonia mengalami gangguan pertukaran udara di paru.

Secara klinis, pneumonia dibagi menjadi pneumonia komuniti (didapat di komunitas/di luar rumah sakit) dan pneumonia nosokomial (didapat di rumah sakit), dimana mikro-organisme penyebab kedua jenis pneumonia tersebut berbeda.

Berdasarkan penyebab, pneumonia dibagi menjadi: pneumonia khas (disebabkan bakteri tertentu), pneumonia tidak khas (bukan disebabkan bakteri tertentu), pneumonia virus, pneumonia jamur, dan pneumonia parasit.

Gejala Pneumonia

Tanda dan gejala pneumonia pada umumnya bervariasi, mulai dari gejala yang ringan sampai gejala yang berat. Hal ini biasanya akan bergantung pada faktor-faktor yang menyebabkan sakit pneumonia bisa tejadi seperti halnya jenis kuman penyebab, usia penderita hingga kondisi kesehatan si pasien secara keseluruhan.

Pada umumnya, tanda dan gejala pneumonia yan ringan lebih sering mirip dengan flu atau yang lebih dikenal dengan common cold (sakit demam, batuk-ilek), namun bedanya gejala yang satu ini masa berlangsungnya begitu lama bahkan rasanya penyakit ini tak kunjung sembuh sehingga membuat si penderita dibuat tersiksa dengan kondisi seperti ini.

Adapu ciri dan gejala dari pneumonia yang umum diantaranya adalah:

– Demam, berkeringat dan menggigil

– Kelelahan dan nyeri otot, Mual, muntah atau diare

– Batuk berdahak tebal dan kentel (lengket)

– Sesak napas (nafas cepat)

– Suhu tubuh lebih rendah dari normal pada orang di atas usia 65 tahun, dan pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah

– Nyeri dada saat bernapas dalam atau ketika batuk

– Sakit kepala

Penyebab

Penyebab pneumonia adalah:

– Streptococcus pneumoniae

– Staphylococcus aureus

– Legionella

– Hemophilus influenzae

– Virus: virus influenza, chicken-pox (cacar air)

– Organisme mirip bakteri: Mycoplasma pneumoniae (terutama pada anak-anak dan dewasa muda)

– Jamur tertentu

Adapun cara mikroorganisme itu sampai ke paru-paru bisa melalui:

– Inhalasi (penghirupan) mikroorganisme dari udara yang tercemar

– Aliran darah, dari infeksi di organ tubuh yang lain

– Migrasi (perpindahan) organisme langsung dari infeksi di dekat paru-paru

Pencegahan

Berikut beberapa cara pencegahan:

– Memberi imunisasi pada anak sesuai waktunya

– Menjaga keseimbangan nutrisi anak

– Menjaga daya tahan tubuh anak dengan cara cukup istirahat dan juga banyak olahraga.

– Memberikan vaksinasi pneumokokus atau sering juga disebut vaksin IPD

– Mengusahakan agar ruangan tempat tinggal mempunyai udara yang bersih dan ventilasi yang cukup

Pengobatan Penyakit Pneumonia

Jika sudah menujukan gejala gejala penyakit peneumonia maka sebaik nya segera diatasi. Sehingga akan lebih mudah untuk di obati. Karena jika bahaya penyakit pneumonia tidak segera di tangani dengan baik maka bisa membahayakan nyawa seseorang.

Jika bahaya penyakit pneumonia diakibatkan dari infeksi bakteri, maka untuk mengobati nya dapat dengan membunuh bakteri yang ada pada tubuh, dengan mengkonsumsi obat antibiotik. Tetapi pengobatan ini harus dengan rutin agar bakteri yang ada pada paru paru benar benar mati, sehingga tidak dapat menginfeksi lagi.

Dan jika mengobati bahaya penyakit pneumonia karena virus, bisa dengan menggunakan obat antivirus. Sehingga virus tidak dapat menyebar luas ke seluruh tubuh, yang akan menyebabkan penyakit menjadi lebih parah.

Untuk mencegah penyakit ini sebenar nya sangat mudah. cukup dengan melakukan vaksinasi sehingga daya tahan tubuh lebih kuat untuk melawan virus dan juga bakteri yang akan menginfeksi tubuh. dan dengan menjaga kebersihan juga sangat penting, agar udara sekitar yang akan di hirup tidak kotor.

Karena jika kotor dapat meyebabkan jamur ikut terbawa masuk ke dalam paru paru. Dan akhir nya paru paru menjadi kotor dan menyebabkan cairan mengisi paru paru.

 

Apa Itu Pulmohealer?

Pulmohealer adalah produk dari PT. Autoimuncare Indonesia ( PT. AICI ) yang khusus mengatasi berbagai penyakit paru-paru. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama 15 tahun membuat Pulmohealer banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

Pulmohealer bereaksi cepat, dijamin aman, dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya bagi Tubuh Anda.